Berita

Apa yang Dimaksud Cerita Fantasi? Now Kita Simak Review nya

58
×

Apa yang Dimaksud Cerita Fantasi? Now Kita Simak Review nya

Share this article
Apa yang Dimaksud Cerita Fantasi

Apa yang dimaksud cerita fantasi? Termasuk karangan khayal yang kejadian di dalamnya tidak bisa dibuktikan kebenarannya.

Mengingat banyak kejadian menarik dalam karangan, tetapi mustahil ada di kehidupan asli manusia. Karangan khayal sebenarnya menggunakan alur cerita yang sama seperti pada umumnya. Hanya saja mengangkat hasil angan-angan serta kisah yang berasal dari pemikiran khayal manusia.

Sebenarnya, kata fantasi sangat identik pada angan-angan seseorang, sehingga cukup sulit membuktikan kepastian dari kisah tersebut. Sayangnya hanya sebagian orang mengetahui hal tersebut, sehingga perlu menyimak penjelasan ini.

Apa yang Dimaksud Cerita Fantasi? 

Sekarang sudah banyak cerita yang hadir menggunakan kisah khayalan, tetapi tidak sesuai kenyataan di dunia nyata. Lantas, apa yang dimaksud cerita fantasi? Yaitu terkait karangan penulis yang sifatnya khayal.

Dua kata yang melatarbelakangi cerita fantasi, yaitu cerita yang menjelaskan kisah yang berisi pengalaman hingga konflik yang nyata serta belaka. Fantasi lebih ke kisah hasil angan-angan manusia yang sulit ditemukan kejadian aslinya.

Sehingga karangan fiksi akan menghadirkan tokoh, alur, tema, fakta, serta alur, tetapi masih belum pasti kebenarannya. Bukan secara keseluruhan, terkadang kebenaran akan sebagian kisah fantasi cukup sulit dibuktikan kebenarannya. 

Kisah fantasi cenderung mengandalkan khayalan penulis yang bisa menghasilkan beragam karangan menarik. Sayangnya kisah-kisah yang dibuat belum tentu sesuai kenyataan, hanya berasal dari angan-angan penulis.

Cerita fantasi menggunakan struktur yang sama seperti cerita pada umumnya, hal ini yang membuatnya termasuk karya sastra. Biasanya pengarang karya khayalan akan menulis banyak kisah yang masuk ke pemahaman pembaca.

Bahkan ceritanya terkesan lebih mengerti pembaca karena pengarang ini karyanya lebih diterima oleh banyak orang. Sehingga melalui karangan khayal, penulis bisa menjelaskan dunia dalam angan-angannya.

Hal ini semakin menciptakan kedekatan antara penulis dan pembaca, apalagi keahlian menghayal pembaca semakin tinggi. Keahlian menghayal yang tinggi tentu akan menciptakan karya lebih kreatif dari sebelumnya, bahkan berbentuk apa saja.

Macam-Macam Karya Fantasi

Hampir sebagian besar penikmat karya sastra menyukai cerita yang sifatnya khayal atau penuh imajinasi. Mungkin para penikmat tulisan sastra akan bertanya-tanya apa yang dimaksud cerita fantasi? Berikut macam-macamnya.

1. Diambil dari Setting

Pertama, ada karangan imajinasi yang diambil dari setting, kemudian terbagi sebagai berikut.

  • Karya Imajinasi Dua Waktu

Karangan ini memanfaatkan gabungan dua waktu berbanding terbalik dalam satu pemaparan. Seperti kisah tentang alam yang sifatnya khayal tetapi menggabungkan waktu tempo dulu serta tempo kedepannya.

  • Karya Imajinasi Satu Zaman 

Fiksi atau khayalan satu zaman lebih mengarah ke pengguna pembagian waktu sebagai setting.  Misalnya karangan khayal yang membuat pembaca tergugah karena memanfaatkan setting tempo sekarang, tempo dulu, serta tempo kedepan. 

2. Karangan menurut Kehidupan Asli

Selanjutnya yaitu karangan menurut kesesuaian di kehidupan asli , cerita imajinasi tersebut adalah. 

  • Karya Imajinasi Potongan 

Karangan khayal potongan lebih menjelaskan karya imajinasi, hanya saja ada kesesuaian nama tokoh di kenyataan. Bahkan mulai dari setting hingga suatu konflik asli sesuai yang dialami seseorang.

  • Karya Imajinasi Keseluruhan 

Pada dasarnya, karya imajinasi yang sifatnya keseluruhan lebih mengarah ke suatu fenomena. Hanya saja banyak kisah yang dituliskan tetap bersifat khayal, sehingga tidak ada di kehidupan asli.

Kesimpulan

Apa yang dimaksud cerita fantasi? Secara garis besar karangan khayal kisah yang berasal dari angan-angan. Karena hasil dari angan-angan, penulis tidak bisa membuktikan konflik dan kejadian lainnya sesuai kenyataan. Namun sifatnya yang khayal ini membuat banyak orang tertarik membacanya secara lebih dalam. Contoh karangan khayal yang banyak peminatnya hingga sekarang adalah kisah Sangkuriang dan Rawa Pening.