Berita

5 Rekomendasi Film Indonesia Tema Horor, Streaming Sekarang

118
×

5 Rekomendasi Film Indonesia Tema Horor, Streaming Sekarang

Share this article
Film Indonesia Tema Horor

Rekomendasi film Indonesia tema horor yang mudah untuk streaming baik di Netflix dan sebagainya. Diantara filmnya yakni Pengabdi Setan, Pintu Terlarang. 

Tidak ada habisnya jika membahas tentang horor Amerika, tetapi berpetualang ke genre lokal juga tak kalah seru dan mendebarkan. Film Indonesia hingga saat ini patut untuk diberi acungan jempol, karena mampu memberikan nuansa mimpi buruk bagi audiens. 

Dimanapun seseorang berada, kini sudah tak susah lagi untuk melihat film-film mengerikan dari Indonesia. Orang dari negara luar pun bahkan tak asing lagi dengan pembuat sinema seperti Joko Anwar, Timo Tjahjanto dan Kimo Stamboel. 

Nama-nama tersebut sudah dikenali oleh dunia internasional karena mendebutkan karyanya di berbagai festival film. Tak sekedar hanya pertunjukan, nama-nama sutradara tersebut juga semakin melambung dengan beredarnya film-film tersebut di platform Neftlix dan Shudder. 

List Rekomendasi Film Indonesia Tema Horor

Sebagian besar film Indonesia mungkin akan terkesan memiliki alur yang serupa seperti permulaan kematian tokoh, masalah saat kunjungan ke desa, rumah leluhur, dan berkaitan dengan cerita rakyat yang membudaya. 

Berikut akan dipaparkan rekomendasi film Indonesia tema horor yang sudah dikenal hingga ke mancanegara. 

Sebelum Iblis Menjemput 

Film yang rilis tahun 2018 dengan tajuk Sebelum Iblis Menjemput merupakan sinema yang disutradarai oleh Timo Thahjanto. Berkisahkan tentang wanita yang terseret dunia ilmu hitam ketika ayahnya jatuh sakit. Dibalik kesakitan sang ayah, wanita muda itu mengetahui rahasia sukses financial ayahnya. 

Petualangan mistis terus berlanjut saat wanita muda itu berkunjung ke villa terbengkalai milik almarhum sang ayah. Di ruang bawah tanah villa, terdapat kekuatan supranatural yang akhirnya membuat film ini mampu menyeret ponton untuk terbawa ke dalam suasana magis. 

Pintu Terlarang 

Bertema horor thriller, film yang dibuat Joko Anwar di tahun 2009 merupakan karya yang tak terlupakan bagi penonton. Film ini mampu meninggalkan bekas bagi psikologis penonton karena plot twistnya yang menegangkan. 

Pintu Terlarang mengisahkan seorang pematung yang terjerat dalam dunia tabu ketika dihadapkan dengan masalah pernikahannya. 

Impetigore

Produksi film dari Anwar selanjutnya adalah Impetigore yang menjadi salah satu rekomendasi film Indonesia tema horor yang bisa di streaming. Dimulai dengan cerita seorang wanita yang melakukan perjalanan ke desa leluhurnya untuk mencari warisan.

Namun ternyata di desa tersebut terdapat kutukan yang dahulunya disebabkan oleh keluarga si wanita. Perjalanan sang wanita menjadi begitu penuh mistis, menyimpang dari rencana awalnya, dan penuh ketegangan. Tahun 2019 Impetigore menjadi perwakilan Indonesia untuk masuk ke dalam nominasi Oscar. 

Mata Batin 

The Third Eye atau Mata Batin merupakan film buatan Rocky Soraya tentang seorang remaja yang merasakan kemunculan aura ghoib di rumahnya pasca sang orang tua meninggal dunia. Sang kakak lalu pulang untuk menemani adiknya. 

Namun dua orang bersaudara yang ditinggalkan orang tuanya semakin terus menerus mendapat gangguan dari makhluk jahat yang tinggal di sana.

Ratu Ilmu Hitam 

Rekomendasi film Indonesia tema horor selanjutnya adalah Ratu Ilmu Hitam yang rilis 2021 silam. Serial menakutkan ini disutradarai oleh Kimo Stamboel. Terinspirasi dari film pendahulu tahun 1981, Ratu Ilmu Hitam yang baru mengisahkan pembalasan dendam penyihir yang sangat kejam. 

Kedua versi tersebut agaknya memang berbeda tetapi tetap memiliki nuansa yang mengerikan sekaligus menghibur bagi penikmat film seram. Film ini dapat ditonton di Netflix dan Shudder. 

Kesimpulan Review 5 Film Indonesia Tema Horor

Itulah lima Rekomendasi film Indonesia tema horor yang bisa di streaming baik di Netflix atau Shudder. Serial di atas memiliki getaran atau vibes yang berbeda dari kebanyakan film horor lainnya. 

Film bertema supranatural dari Indonesia memang tak kalah seru dibandingkan horor luar negeri. Hal ini karena Indonesia kaya dengan kisah leluhur atau cerita rakyat yang menjadi sangat magis saat dikolaborasikan ke dalam film.